Latihan Renang, Manfaat dan Metodenya

Posted: Januari 16, 2011 in renang

anda mungkin telah sering melakukan latihan olahraga, namun manfaat yang anda peroleh tidak seperti yang diharapkan. Mungkin akar permasalahannya terdapat pada beberapa hal mendasar yang kerap diabaikan.

Agar olahraga anda memberikan hasil maksimal, seorang pakar telah menyarankan tips berikut :

· sepanjang latihan, minumlah air untuk menyeimbangkan elektrolit dan mempertahankan tingkat energi anda. Setelah olahraga, minum lagi satu atau dua gelas air (bukan minuman yang mengandung gula, karena jenis ini dapat mengakibatkan dehidrasi).

· lakukanlah pemanasan sebelum olahraga dengan perlahan-lahan untuk menaikkan denyut jantung dan meningkatkan metabolisme tubuh secara bertahap.

· pada tahap awal latihan, lakukanlah beberapa gerakan peregangan bahu, betis, leher, dan kaki. Gerakan ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit, tetapi bermanfaat untuk mencegah cedera selama berhari-hari.

· aturlah pernafasan terus-menerus selama latihan di tempat private, dengan mengeluarkan nafas perlahan-lahan. Hembusan nafas pada saat latihan berguna untuk mencegah cedera dan latihan tersebut akan terasa makin mudah.

· setelah pendinginan, lakukanlah peregangan dengan pelan-pelan selama lima menit untuk mencegah rasa sakit pada otot, mengembalikan otot ke ukuran semula dan menghindari cedera. Setiap peregangan sebaiknya dilakukan selama 30 detik, lalu tarik nafas, dan rileks kembali.

· untuk memperoleh manfaat maksimal dari latihan angkat beban, gunakanlah weight machine agar semua persendian tubuh ikut bergerak sehingga makin banyak kalori yang terbakar dan latihan tersebut sangat bermanfaat.

· untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori dalam latihan angkat beban, waktu yang digunakan untuk mengangkat harus setengah dari waktu untuk melakukan gerakan balasannya. Angkatlah bebannya secara perlahan-lahan sambil mengeluarkan nafas dalam hitungan empat, dan lakukan gerakan balasan secara perlahan-lahan sambil tarik nafas dalam hitungan delapan.

· lintas-latihan merupakan bentuk yang paling aman dan efektif. Karena itu, setelah melakukan olahraga aerobik (bersepeda, jalan kaki, jogging), anda sebaiknya melakukan jenis olahraga lain yang dapat menguatkan dan melenturkan tubuh.

· untuk memaksimalkan metabolisme, hindarilah melakukan satu jenis olahraga tanpa berhenti dalam waktu yang anda tentukan, satu jam misalnya. Waktu ini lebih baik dibagi menjadi empat kali : 20 menit bersepeda pagi hari, 20 naik tangga sorenya, 20 menit jalan kaki malamnya. Dengan demikian, kalori yang dibakar akan lebih banyak dan mintalah saran dari staf pengajar olahraga .

Untuk bisa mahir berenang diperlukan latihan rutin dan terus-menerus. Berenang sebenarnya hanya membutuhkan latihan yang sungguh-sungguh dan sering. Bagaimanapun juga dalam renang tidak berlaku pintar teori juga pasti pintar praktek. Hal tersebut tidaklah benar. Apalah gunanya bilateori bagus namun tidak pernah latihan, maka yang akan terjadi adalah kegagalan.

Tentunya hal tersebut sungguh suatu hal yang harus dan akan selalu kita hindari. Pandai berenang banyak sekali manfaatnya, di antaranya adalah: apabila terjadi banjir kita tidak akan takut tenggelam karena bisa berenang, bila suatu saat terjadi kecelakaan pesawatterbang dan mengharuskan untuk mendarat darurat di laut maka kita tidak akan khawatir hilang di laut karena paling tidak kita bisa berenang, dll.

Begitu banyak manfaat berenang hingga banyak orang berbondong-bondong untuk berlatih renang. Untuk menjadi perenang handal danprofessional, seseorang tentunya harus memulainya dari pemula.

Dan sebagai seorang pemula, seseorang harus memiliki tingkat keseriusan yang tinggi untuk menjadi perenang professional. Untuk itu berikut ini adalah beberapa catatan tentang latihan renang untuk pemula yang bisa diperhatikan.

–       latihan renang untuk pemula sebaiknya dengan didampingi oleh seseorang yang sudah ahli. Bagaimanapun juga, seorang pemula masih belum begitu terlalu berani mengeksplore dibandingkan dengan yang sudah ahli. Jangankan mengeksplore gerakan renang, menstabilkan gerakan renang mungkin juga belum bisa. Oleh sebab itu agar tak terjadi sesuatu yang membahayakan diri sendiri, maka sebaiknya latihan renang untuk pemula didampingi oleh pelatih yang sudah ahli.

–       Sedikit-sedikit tapi rutin. Artinya, berenang tak membutuhkan keahlian khusus. Berenang hanya membutuhkan kebiasaan dan kemahiran. Kemahiran bisa diciptakan dengan berlatih rutin setiap hari tanpa mengenal lelah. Seminggu sekali mungkin lebih efektif dibandingkan dengan setahun sekali. Bahkan mungkin bila ingin segera mahir seseorang harus berlatih setiap hari meski hanya satu atau dua jam. Bagaimanapun juga praktik lebih penting daripada teori, latihan rutin lebih terasa hasilnya daripada tidak pernah sama sekali.

–       Latihan renang untuk pemula berikutnya adalah sering-sering berlatih ayunan kaki di kolam renang. Kelincahan kaki sangat penting pada saat renang terutama bagi yang masih pemula, karena hal itu untuk menentukan apakah perenang pemula tersebut tidak tenggelam ataukah tenggelam.

–       Latihan renang untuk pemula berikutnya adalah latihan meluncur. Meluncur dilakukan bila ayunan kaki sudah bisa mengambang dengan baik. Bila belum terlalu sempurna, maka latihan meluncur bisa ditunda sampai benar-benar siap dan bisa.

Latihan renang untuk pemula memang cukup rumit bila dibandingkan dengan yang sudah mahir. Pada dasarnya semua tergantung keinginan. Bila seseorang menginginkan untuk cepat bisa renang maka seharusnya secara rutin dia harus berlatih renang, setiap hari bila perlu.

Berikutnya, dimanakah latihan renang untuk pemula bisa dilakukan?

Tentu saja di kolam renang. Hanya saja kolam renang bisa bersifat pribadi bisa juga menyewa. Bila di dalam rumah terdapat kolam renang, itu sangat bagus. setidaknya setiap hari kita bisa latihan renang dan itu tentunya sangat membantu kita.

Namun bila di dalam rumah kita tak ada kolam renang, maka kita bisa pergi ke pemandian umum untuk berlatih renang. Bila untuk pemula sebaiknya memilih pemandian saat sepi, untuk meminimalisir rasa malu. Bisa juga pemandian yang diperuntukkan untuk sejenis saja, tidak campur antara laki-laki dan perempuan.

Latihan renang untuk pemula bisa dilakukan kapan saja sebenarnya, sesuai dengan keinginan dan keseriusan kita. Semakin tinggi tingkat kemauan kita untuk bisa, maka kita akan semakin rutin untuk berlatih berenang, begitu pula sebaliknya. Bila ada pertanyaan, seseorang yang masih dalam taraf latihan renang hendaknya tidak segan-segan untuk bertanya pada instruktur renang. Hal itu untuk kebaikan dia sendiri tentunya.

Manfaat latihan renang

Renang adalah olahraga yang bagus untuk kesehatan. Bila dilakukan secara rutin akan bisa menguatkan jantung dan otot-otot di beberapa bagian tubuh terutama di lengan, bahu dan paha serta perut.

Latihan renang juga sangat dianjurkan untuk mereka yang masih dalam taraf pertumbuhan, karena tinggi badan bisa bertambah lebih cepat dan maksimal.

Sedang untuk penderita asma, latihan renang yang dilakukan secara kontinyu juga akan menyebabkan pernafasan menjadi lebih lancar dan ringan. Selain itu kondisi fisik juga bisa lebih fit segar dan sehat serta tidak mudah terkena serangan penyakit yang lain. Paru-paru yang merupakan daerah rawan bagi penderita asma juga menjadi lebih kuat menghadapi serangan virus penyebab penyakit asma.

Untuk yang mempunyai masalah kelebihan berat badan, maka denganlatihan renang secara teratur akan membuat berat badan bisa menurun namun tidak secara dratis sehingga kesehatan tetap bisa terjaga dengan aman. Karena penurunan berat badan yang terlalu cepat akan membahayakan kondisi tubuh dan bisa menimbulkan efek yang berbahaya.

Untuk anak-anak dan remaja, olahraga ini juga sangat bagus. Karena setelah dewasa nanti tulang tubuh akan menjadi lebih lentur dan kuat. Demikian pula dengan jantung dan paru-paru, bisa menjalankan fungsinya dengan lebih sempurna bila dibandingkan dengan orang yang jarang melakukan olahraga, terutama olahraga renang.


Metode latihan renang

Agar bisa mengambil manfaat secara maksimal dalam latihan renang sekaligus menghindari terjadinya cedera ketika melakukan olahraga ini, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Sebelum dan sesudah melakukan latihan renang, minumlah beberapa teguk air agar terjadi keseimbangan energi, serta tubuh tidak kekuarangan cairan atau menghindari terjadinya dehidrasi. Disarankan air yang diminum tidak mengandung kadar gula yang tinggi.
  2. Sampai di kolam jangan langsung terjun ke dalam. Namun lakukan olahraga ringan lebih dulu untuk pemanasan. Tujuannya agar denyut pada jantung bisa naik dan metabolisme bisa meningkat.
  3. Lakukan beberapa gerakan pada bahu, leher, kaki dan betis. Tujuannya untuk melemaskan otot di daerah tersebut, sehingga ketika masuk ke kolam untuk melakukan latihan renang, otot tidak mudah mengalami cedera atau kram.
  4. Juga tidak lupa untuk melakukan olah pernafasan, sehingga ketika melakukan latihan renang di dalam kolam, pernafasan bisa tetap lancar.
  5. Sebelum masuk ke kolam renang, ada baiknya kita menuju pancuran atau kamar mandi untuk membasahi seluruh tubuh kita. Tujuannya agar tubuh bisa menyesuaikan dengan suhu air di kolam renangan yang tentunya sangat berbeda dengan di luar kolam.
  6. Jangan melakukan latihan renang dalam durasi waktu yang lama sekaligus, namun setelah itu tidak pernah melakukannya lagi. Pada waktu pertama kali, lebih baik lakukan secara perlahan, kemudian pada latihan berikutnya porsi bisa ditambah sesuai dengan kekuatan dan kodisi tubuh kita. Baru setelah itu lakukan terus secara kontinyu dan teratur.
  7. Agar lebih bersemangat untuk melakukan renang ajaklah teman-teman yang juga sama-sama suka berolahraga sehingga kita bisa lebih merasa menikmati olahraga ini.

Semoga info ini bermanfaat bagi yang ingin melakukan latihan renang pertama kali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s